Duduk Terlalu Lama dapat Mengganggu Kesehatan Anda

Image


Hidup sehat adalah idaman setiap orang, untuk mendapatkan hidup sehat banyak pakar yang merekomendasikan peningkatan aktivitas fisik dan pengurangan gaya hidup pasif (menetap). Hal ini juga diamini sebuah studi baru yang menganjurkan pentingnya mengurangi waktu yang dihabiskan untuk duduk dalam sehari. Studi itu juga menunjukkan duduk terlalu lama dapat meningkatkan peluang seseorang untuk terserang penyakit kronis, tak peduli apapun gaya hidupnya dan berapapun indeks massa tubuhnya.
Dilansir dari emaxhealth, Rabu (20/2/2013), kesimpulan di atas diperoleh setelah peneliti dari Kansas State University, Richard Rosenkranz mengamati 63.048 pria berusia 45-65 tahun dari New South Wales, Australia. Secara khusus peneliti membandingkan partisipan yang diketahui duduk kurang dari empat jam sehari dengan partisipan yang dilaporkan duduk selama lebih dari empat jam dalam satu hari. Hasilnya, penyakit kronis lebih banyak ditemukan pada partisipan yang sering duduk. Beberapa penyakit yang dikaitkan dengan aktivitas ini diantaranya kanker, penyakit jantung, hipertensi atau tekanan darah tinggi dan diabetes.
“Kami melihat peningkatan risiko penyakit kronis secara terus-menerus pada partisipan yang lebih banyak duduk. Bahkan partisipan yang duduk lebih dari 8 jam sehari jelas-jelas memiliki risiko tertinggi,” tandas Rosenkranz seperti Menurut Rosenkranz, meskipun orang yang fisiknya aktif dikatakan lebih sehat namun orang-orang juga harus lebih fokus untuk mengurangi waktu duduknya. “Secara khusus temuan ini paling tepat ditujukan untuk pekerja kantoran, kendati indeks massa tubuhnya normal dan rutin melakukan aktivitas fisik,” lanjutnya.
Temuan ini juga dirasa perlu diperhatikan oleh para manajer atau atasan di kantor agar dapat berkontribusi terhadap kesehatan bawahannya. Misalnya, mendorong karyawan agar banyak-banyak berdiri meskipun hanya di meja masing-masing atau jalan-jalan mengelilingi kantor, menempatkan tempat sampah atau mesin fotokopi agak jauh dari meja karyawan dan cara lain yang bisa mengurangi duduk berlebihan di tempat kerja. Namun jika Anda tak punya atasan yang memiliki inisiatif seperti itu, tak masalah. Lakukan dengan cara Anda sendiri, misalnya menjawab telepon sambil berdiri atau memanfaatkan jam istirahat untuk ngobrol dengan teman sambil berdiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *