Cara Root Samsung Galaxy Note 4 (SM-N910H)

Kali ini saya mau berbagai pengalaman bagaimana caranya nge-root hh kesayangan, yaitu Samsung Galaxy Note 4. Tetapi sebelum teman-teman mencoba cara ini sebaiknya teman-teman sudah pada tahu resiko masing-masing ya 🙂

Peralatan yang perlu di siapkan:
  1. Personal Computer 
  2. Samsung Galaxy Note 4 (SM-N910H)
  3. Kabel Data 
  4. Samsung KIES/Smart Switch 
  5. USB Driver Samsung
  6. Odin 3
  7. CF Auto Root
Teman-teman bisa download semua filenya terlebih dahulu baru mengikuti langkah demi langkah untuk nge-root hh kesayangan teman-teman.

Untuk melakukan root pada Samsung Galaxy Note 4, caranya sangat sederhana, yaitu:

  1. Install USB Driver Samsung; Proses instal USB driver ini bermaksud untuk menghubungkan antara HH dengan komputer. Jika USB driver sudah terinstal, maka PC akan mengenali hh teman-teman sekalian. Pastikan kalau PC sudah mengenali HH teman-teman sekalian sebagai Samsung Galaxy Note 4. Kalau PC teman-teman belum mengenali HHnya, maka dipastikan USB driver belum terinstal dengan benar. Jika USB driver belum terinstal dengan benar maka akan mengganggu proses selanjutnya.
  2. Aktifkan Mode USB Debuging. Masuk ke setting klik developer, kemudian klik USB Debuging. Kalau Bagian Developer belum muncul, maka teman-teman masuk ke bagain about phone cari build number, kemudian klik build number beberapa kali untuk mengaktifkan bagian Developer. 
  3. Instal Odin 3. Ini adalah perangkat yang nantinya akan teman-teman gunakan untuk melakukan proses root dan juga proses flash.
  4. Pastikan juga teman-teman sudah menginstal Samsung KIES/Smart Swith. Sebelum melakukan proses root ada baiknya teman-teman sudah mem-back up data dengan menggunakan Samsung KIES/Smart Switch. Saya lebih merekomendasikan teman-teman menggunakan Smart Switch, karena Samsung KIES sering mengganggu ODIN 3, dalam pembacaan port, sehingga sering kali HH tidak dikenali oleh ODIN padahal sudah menginstal USB driver. Kalau teman-teman sudah terlanjur menginstal Samsung KIES, ada baiknya Samsung KIES di non aktifkan selama proses rooting.
  5. Jalankan Odin 3! Klik kanan pada Odin 3.exe kemudian pilih run as administrator, kemudian klik yes untuk menjalankan Odin. 
  6. Matikan HH teman-teman (pastikan HHnya sudah benar-benar mati), kemudian masuk ke Mode Download dengan menekan tombol power bersamaan dengan menekan tombol volume down dan tombol home. Selanjutnya akan muncul tanda WARNING!. Selanjutnya tekan tombol volume up untuk masuk ke Mode Download!
  7. Setelah masuk ke Mode Download, sambungkan hh teman-teman dengan kabel data ke PC!
  8. Lihat Odin 3. Kalau langkah-langkah sebelumnya sudah benar seharusnya akan muncul keterangan added di bagian log dan akan muncul port yang terhubung di bagian ID:COM.
  9. Selanjutnya klik Option, dan pastikan hanya bagian Auto Reboot dan F. Reset Time yang tercentang!
  10. Selanjutnya klik AP, kemudian masukan file CF Auto Root yang sudah di download!
  11. Kemudian Klik tombol START untuk memulai proses root! Tunggu beberapa saat karena Odin sedang melakukan proses root pada hh teman-teman. Jika sudah selesai maka akan ada keterangan PASS. Itu menunjukan kalau proses root sudah selesai dan HH akan secara otomatis restart. Untuk memastikan kalau proses root sudah berjalan dengan baik maka teman-teman tinggal cari aplikasi SuperSu di hh teman-teman. Jika sudah ada maka teman-teman sudah 100% sukses melakukan root.
NOTE
Banyak yang gagal melakukan root karena gagal dalam menginstal USB driver. Sebelum melakukan proses root pastikan USB Driver sudah terinstall dengan benar sehingga PC sudah mengenali hh teman-teman. Untuk mencegah terjadinya kesalahan pengenalan port oleh komputer saat menghubungkan hh dengan PC ada baiknya Samsung KIES di matikan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *